Silabus

Bagi Anda yang tengah terjun di dunia pendidikan, tentu tidak akan merasa asing dengan istilah silabus. Istilah tersebut pun selalu dihubung-hubungkan dengan rekannya yakni RPP atau Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran. Keduanya seolah tidak dapat dipisahkan lagi sebagai satu kesatuan demi memujudkan suksesnya proses pembelajaran. 

Lantas, sudah seberapa jauh Anda mengetahui serta memahami bagaimana sebenarnya makna dari istilah tersebut? Jika belum, maka ada baiknya bagi Anda untuk menyimak informasi berikut. 

Pengertian

Tahukah Anda bahwa sebenarnya istilah silabus atau yang juga dikenal dengan silaby. Mengandung makna sebagai suatu garis besar atau benang merah dari materi pembelajaran yang dapat digunakan sebagai suatu produk pengembangan kurikulum.

Berupa penjabaran lebih jauh dari suatu standar kompetensi maupun kemampuan dasar yang hendak dicapai dalam suatu kegiatan pembelajaran. Istilah tersebut juga dapat didefinisikan sebagai suatu rincian yang mendetail terkait rencana mengajar oleh guru.

kegiatan belajar mengajar
shutterstock.com

Yang disusun berdasarkan kelompok tema maupun mata pelajaran tertentu. Di samping itu, terdapat beberapa komponen yang menyertainya di antaranya : kompetensi inti, standar kompetensi, pencapaian kompetensi, kompetensi dasar, alokasi waktu, materi pembelajaran hingga penilaian. 

Istilah yang erat kaitannya dengan proses belajar mengajar di dalam kelas tersebut juga turut didefinisikan oleh ahli ilmu kependidikan yakni Yulaelawati. Menurut Yulaelawati istilah tersebut cenderung merujuk kepada seperangkat rencana maupun pengaturan pelaksanaan pembelajaran serta suatu penilaian yang mana disusun secara sistematis, memuat tentang segala komponen pembelajaran.

Tidak hanya Yulaelawati saja yang ikut serta dalam memberikan opininya terkait istilah tersebut. Akan tetapi, ahli kependidikan lain yakni Trianto juga menyumbangkan pemikirannya bahwa istilah tersebut merupakan suatu rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran maupun tema tetentu yang mencakup seluruh komponen pembelajaran. 

Jadi, sudahkah Anda bisa menyimpulkan apa sebenarnya yang dimaksud dengan istilah tersebut, bukan?

Fungsi dan Kegunaan

macam-macam materi
shutterstock.com

Setelah mengetahui definisinya, ada baiknya Anda juga mengetahui apa saja fungsi serta kegunaan dari istilah tersebut yang mana di antaranya ialah sebagai berikut. 

  1. Dapat digunakan sebagai suatu pedoman dalam pengembangan pembelajaran, yang diantaranya ialah sebagai pembuatan rencana atau planning pengelolaan pembelajaran baik itu konvensional maupun per kelompok tertentu serta sebagai penyusun materi ajar. 
  2. Dapat digunakan sebagai suatu sumber pokok dalam upaya penyusunan rencana pembelajaran. 
  3. Dapat digunakan sebagai alat yang berfungsi untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada satuan tingkat pendidikan tertentu sehingga dapat memudahkan guru dalam melakukan tugas pembelajaran. 

Unsur Penyusunan

penyusunan materi
shutterstock.com

Perlu Anda ketahui bahwa silaby memiliki beberapa unsur yang dapat menyusunnya. Lantas, apa sajakah unsur penyusunan silaby tersebut?

  1. Identitas atau profil mata pelajaran.
  2. Identitas sekolah yang meliputi nama satuan pendidikan serta nama kelas.
  3. Kompetensi inti.
  4. Kompetensi dasar.
  5. Tema pembelajaran (khusus bagi jenjang pendidikan setara SD, MI, SDLB, paket A maupun DII).
  6. Materi pokok pembelajaran yang mana memuat fakta, konsep, prinsip serta prosedur yang sinkron dan relevan serta ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan-rumusan indikator pencapaian suatu kompetensi.
  7. Pembelajaran yang merupakan kegiatan pendidik dan peserta didik guna mencapai kompetensi inti yang diharapkan dalam proses pembelajaran tersebut.
  8. Penilaian yang merupakan suatu proses pengumpulan maupun proses pengolahan informasi guna menentukan pencapaian hasil belajar yang dilakukan.
  9. Alokasi atau jatah waktu pembelajaran berlangsung.
  10. Sumber belajar yakni pedoman atau acuan yang berupa media seperti buku, media cetak maupun media elektronik atau sumber pembelajaran lainnya yang dirasa relevan dengan materi pembelajaran yang diberikan.

Manfaat

belajar matematika
shutterstock.com

Manfaat yang dapat dihasilkan dari pembuatan silaby yang bisa Anda ketahui di antaranya ialah sebagai berikut. 

  1. Bermanfaat sebagai suatu hal yang vital yakni menjadi sumber pedoman atau acuan dalam rangka penyusunan RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. 
  2. Bermanfaat bagi guru dalam hal memetakan ragam variasi pembelajaran yang hendak dituangkan dalam RPP atau Rencana Pelasanaan Pembelajaran tersebut. 
  3. Bermanfaat bagi guru untuk mempermudah pemetaan seluruh indikator pencapaian belajar yang mana seharusnya dicapai oleh siswa.
  4. Bermanfaat bagi guru guna mempermudah perancangan bentuk-bentuk penilaian dari setiap indikator yang hendak dicapai. 

Prinsip Penyusunan

belajar
silabus.web.id

Dalam melakukan pengembangan silabus, sejatinya juga memegang beberapa prinsip khususnya yang secara penuh diserahkan kepada tiap-tiap satuan pendidikan. Adapun prinsip-prinsip dari silaby di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Prinsip ilmiah 

Prinsip ilmiah yang dimaksud ialah keseluruhan materi maupun kegiatan yang dapat menjadi muatan dalam silabus harus dipastikan benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. 

2. Prinsip relevan

Prinsip relevan ialah prinsip yang berfokus kepada cakupan, kedalaman, tingkat kesulitan serta urutan penyajian dari silaby yang mana berkesesuian dengan suatu tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, pritual dan emosional dari peserta didik.

3. Prinsip sistematis

Yang dimaksud dengan prinsip sistematis ialah suatu prinsip dari silaby yang mana komponen-komponen penyusun silaby harus senantiasa saling berhubungan satu sama lainnya yakni secara fungsional dalam upaya mencapai kompetensi. 

4. Prinsip konsistensi 

Prinsip konsistensi ialah adanya hubungan yang bisa dikatakan konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar serta sistem penialaian pembelajaran tersebut.

5. Prinsip kecukupan 

Yang dimaksud dengan prinsip kecukupan ialah mencakup keseluruhan komponen silaby yakni indikator, materi pokok, pengalaman pembelajaran, sumber belajar maupun sistem penilaian yang mana kesemuanya dirasa cukup guna menunjang suatu pencapaian kompetensi dasar. 

6. Prinsip aktual dan konseptual 

Prinsip aktual dan konseptual ialah suatu prinsip yang mencakup keseluruhan komponen silaby yaitu indikator, materi pokok, sumber belajar, pengalaman pembelajaran maupun sistem penilaian yang mana memperhatikan atau berkesesuaian dengan perkembangan ilmu, teknologi maupun seni muakhir dalam kehidupan nyata maupun sesuai dengan peristiwa yang terjadi. 

7. Prinsip fleksibel 

Yang dapat dimaknai dari prinsip fleksibel ialah suatu prinsip yang memuat keseluruhan komponen silaby serta dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik itu sendiri serta segala dinamika perubahan yang terjadi di dalam sekolah maupun tuntutan dari masyarakat sekitar.

8. Prinsip menyeluruh 

Prinsip menyeluruh adalah suatu prinsip yang mana komponen-komponen silaby (termasuk silabus K13) tersebut mencakup keseluruhan ranah kompetensi baik itu psikomotorik, afektif maupun kognitif atau berkesesuaian dengan esensi atau inti dari mata pelajaran masing-masing. 

Sebagai inforsmasi tambahan bagi Anda bahwa jenis silaby yang digunakan pada saat ini ialah silaby yang menerapkan kurikulum 2013. Meski demikian, tetap saja ada yang menerapkan kurikulum KTSP atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang merupakan kurikulum yang rilis pada tahun 2006. Kurikulum 2013 dirasa lebih bisa memberikan dampak yang baik bagi dunia kependidikan saat ini. 

Contoh dokumen

Berikut ini kami menyediakan beberapa contoh silabus matematika untuk anda pelajari pembuatannya.

Informasi maupun ulasan terkait silabus atau silaby tersebut kiranya dapat dijadikan sebagai tambahan pengetahuan dan wawasan bagi Anda terutama yang tengah mendalami ilmu kependidikan. Semoga pembelajaran Anda berjalan sukses dan dapat tercapai seluruh target pembelajaran yang diinginkan. 

Tinggalkan Balasan