Jaring-Jaring Kubus

Ketika anda membuka kardus, secara tidak langsung sebenarnya anda sudah mengenal apa itu jaring-jaring kubus. Kali ini kita akan bahas lebih mendalam mengenai jaring-jaring kubus.

Pengertian Jaring-Jaring Kubus

Jaring-jaring kubus adalah gabungan dari enam buah persegi yang saling terhubung dan dapat disusun atau menjadi sebuah bangun ruang kubus.

Jaring-jaring kubus diperoleh dari membongkar suatu bangun ruang kubus dengan mengikuti rusuk-rusuknya. Perhatikan gambar kubus berikut ini.

Bagian alas kubus kami beri warna merah. Sedangkan bagian atap kubus kami beri warna biru.

kubus polos
Kubus yang akan dijadikan jaring-jaring

Pemberian warna ini bertujuan untuk memudahkan anda mengimajinasikan ketika membentuk jaring-jaring menjadi sebuah kubus.

Tapi bukan berarti hanya yang diwarnai saja yang bisa menjadi alas dan atap. Bidang yang lain juga bisa digunakan untuk alas dan atap.

26 Gambar Pola Jaring-Jaring Kubus

Rumus Luas Permukaan Kubus

Dari jaring-jaring kubus tadi, kita dapat menyimpulkan bahwa kubus dapat dibentuk dari 6 buah persegi. Untuk menghitung luas permukaan kubus maka kita cukup menjumlahkan 6 buah luas persegi. Sehingga rumusnya adalah

L = 6 × s × s

atau

L = 6 × s²

Keterangan

  • s = panjang rusuk kubus

Untuk lebih jelasnya, simak contoh soal berikut ini!

Contoh Soal Luas Permukaan Kubus

Hitunglah luas permukaan kubus yang memiliki panjang rusuk 10 cm.

contoh soal kubus

Jawaban :

Diketahui s = 10 cm

L = 6s²

L = 6×10²

L = 6×100

L = 600 cm²

Jadi, luas permukaan kubus tersebut adalah 600 cm².

Demikianlah pembahasan mengenai jaring-jaring kubus. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk share dengan kawan-kawan yang lain untuk menambah wawasan.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!